MARHABAN AHLAN WASAHLAN BIHUDLUURIKUM SELAMAT DATANG !

in Bali

Senin, 06 Februari 2012

KKM FIKIH

DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
AL-HASAN BANJARSARI
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM

Nama Sekolah : MTs ......... Kelas/semester : VII / 1
Mata Pelajaran : FIQIH Tahun Pelajaran : ....... / ........
Nilai KKM :

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA
PENENTUAN KKM HASIL KKM
DALAM ASPEK KKM %
Kompleksitas Daya
Dukung Intake
Siswa Penguasaan Konsep Penerapan
1. Melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci)
1.1 menjelaskan macam-macam najis dan tatacara thaharahnya
(bersucinya)
 Siswa dapat menjelaskan pengertian najis
 Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
 Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh



1.2 Menjelaskan hadast kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
Hadast kecil

Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian hadast kecil
 Mengidentifikasi ciri-ciri hadast kecil


Istinja’
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian istinja’
 Menjelaskan hukum Istinja’
 Menjelaskan adab buang air
 Menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
 Mempraktikkan tata-cara istinja’
Wudhu
Siswa dapat :
 Menjelaskan
 pengertian wudhu
 Menetukan syarat dan rukun wudhu
 Menunjukkan sunnah wudhu
 Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
 Mempraktekkan tata cara wudhu
1.3 Menjelaskan hadast besar dan tatacara thaharahnya
Hadast besar
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian hadast besar
 Menjelaskan contoh hadast besar
Haid

Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian haid
 Menunjukkan ciri-ciri darah haid
 Membedakan darah haid dengan darah istikhadho
 Menentukan siklus darah haid
 Mengidentifikasi kewajiban syar’i bagi wanita yang sudah haid
Mimpi Basah

Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian mimpi basah
 Menunjukkan ciri-ciri mimpi basah
 Mengidentifikasi Kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah mimpi basah


Mandi wajib
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian mandi
 Menjelaskan macam-macam mandi
 Menjelaskan syarat,rukun dan sunnah mandi
 .Menjelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi Mendemonstrasikan cara mandi wajib
Tayammum
Siswa dapat :
 Menjelaskan penger-tian tayammum
 Menjelaskan penger-tian tayammum
 Menjelaskan syarat dan rukun tayammum
 Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayammum
 Menjelaskan sebab-sebab tayammum
 Mempraktikan cara bertayammum
1.4. Memprakt-ikkan bersuci dari najis dan hadas
Siswa dapat :
 Mempraktikkan tata Cara bersuci dari najis dan hadas
KKM SK 1
Jumlah SK 1 ( 4 KD )
2. Melaksanakan tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi
2.1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat
 Menjelaskan syarat-syarat shalat
 Menjelaskan rukun shalat
 Menjelaskan sunnah shalat
 Mennjelaskan hal hal yang membatalkan shalat
2.2. Menghafal bacaan-baca-an shalat lima waktu
Siswa dapat :
 Melafalkan bacaan shalat dengan benar
 Menghafal bacaan shalat
2.3. Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima waktu
Siswa dapat :
 Menjelaskan waktu shalat fardhu
 Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu
2.4. Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
Siswa dapat :
 Menjelaskan penger-tian sujud sahwi
 Menghafal bacaan sujud sahwi
2.5. Mempraktekkan shalat lima waktu dan sujud sahwi
Siswa dapat :
 Mempraktikkan tata cara shalat dan sijid sahwi
KKM SK 2
Jumlah SK 2 ( 5 KD )
3. Melaksanakan tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jamaah
3.1. Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian azdan dan iqamah
 Menjelaskan hukum azdan dan iqamah
 Melafalkan azdan dan iqamah
3.2. Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
Siswa dapat :

 Menjelaskan pengertian shalat berjamaa’ah dan dalilnnya
 Menjelaskan hukum dan pengertian shalat berjama’ah
 Menjelaskan syarat menjadi imam dan makmum
 Menjelaskan tata cara membuat shaf (baris) dalam berjama’ah
3.3. Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
Siswa dapat :
 Menjelaskan cara-cara mengingatkan imam yang lupa
3.4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
Siswa dapat :
 Menjelaskan cara-cara mengingatkan imam yang lupa
3.5. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
Siswa dapat :
 Menjelaskan cara-cara mengingatkan imam yang batal
3.6. Mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat jama’ah
Siswa dapat :
 Mempraktikkan azdan dan iqamah
 Mempraktikkan cara shalat berjama’ah
KKM SK 3
Jumlah SK 3 ( 6 KD )
4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
4.1. Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
 Mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
 Melafalkan dzikir dan do’a
4.2. Menghafal bacaan dzikir dan do’a setelah shalat
Siswa dapat :
 Menjelaskan tatacara dzikir an do’a berjamaa’ah dan dalilnnya
4.3. Mempraktekkan dzikir dan do’a
Siswa dapat :
 Mempraktikkan dzikir dan do’a
KKM SK 4
Jumlah SK 4 ( 3 KD )
RATA-RATA


RATA-RATA KESELURUHAN



Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala MTs Guru Mapel FIQIH,


………………………….. ……………………………
NIP. NIP.





DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )




PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM

Nama Sekolah : MTs ......... Kelas/semester : VII / 2
Mata Pelajaran : FIQIH Tahun Pelajaran : ....... / ........
Nilai KKM :

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR KRITERIA
PENENTUAN KKM HASIL KKM
DALAM ASPEK KKM %
Kompleksitas Daya
Dukung Intake
Siswa Penguasaan Konsep Penerapan
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
5.1. Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jum’at
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat jum’at dan dalilnya
 Menjelaskan syarat rukun shalat jum’at.
 Menjelaskan syarat rukun khutbah jum’at
 Menjelaskan sunah shalat jum’at



5.2. Mempraktekkan khutbah dan shalat jum’at
Siswa dapat :
 Mempraktikkan cara shalat dan khutbah jum’at

5.3. Menjelaskan ketentuan shalat Jenazah
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya
 Menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
 Menjelaskan pengertian shalat ghaib
5.4. Menghafal bacaan-bacaan shalat Jenazah
Siswa dapat :
 Melafalkan bacaan shalat jenazah dilanjutkan menhafalkan
5.5. Mempraktekkan shalat jenazah
Siswa dapat :
 Mempraktikkan tata cara shalat jenazah
KKM SK 5
Jumlah SK 5 ( 5 KD )
6. Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor, dan jama’ qoshor serta sholat dalam keadaan darurat
6.1. Menjelaskan ketentuan shalat jama', qashar dan jama qashar
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat jama’.
 Menjelaskan macam-macam shalat jama’
 Menunjukkan shalat yang boleh dijama’
 Mengemukakan syarat shalat jama’ Mendemonstrasikan cara shalat jama’
 Menjelaskan pengertian shalat qashar.
 Menunjukkan shalat yang boleh diqashar
 Mengemukakan syarat shalat qashar
 Mendemonstrasikan tata cara shalat qashar
 Menjelaskan pengertian shalat jama’ qashar.
 Menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
 Mengemukakan syarat shalat jama qashar
 Mendemonstrasikan cara shalat jama qashar
6.2. Mempraktekkan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
Siswa dapat :
 Mempraktekkan shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
6.3. Menjelaskan ketentuan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya.
 Mengemukakan tata cara shalat dalam keadaan sakit
 Membedakan cara shalat dalam keadaan sakit dengan duduk, berbaring miring dan terlentang
 Menjelaskan tata cara shalat dalam kendaraan
6.4. Mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Siswa dapat :
 Mendemonstrasikan cara shalat dalam keadaan sakit dan dalam kendaraan.
 Mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
KKM SK 6
Jumlah SK 6 ( 4KD )
7. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
7.1. Menjelaskan ketentuan shalat sunah muakkad
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
 Menunjukkan dalil tentang shalat sunnah rawatib
7.2. Menjelaskan macam-macam shalat sunah muakkad
Siswa dapat :
 Megidentifikasi macam -macam shalat sunnah rawatib
 Menjelaskan bilangan shalat rawatib
 Membandingkan shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
 Menyimpulkan keutamaan shalat
7.3. Mempraktekkan shalat sunah muakkad
Siswa dapat :
 Mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
7.4. Menjelas-kan ketentuan shalat sunah ghoiru muakkad
Siswa dapat :
 Menjelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
 Mengidentifikasi macam macam shalat sunnah ghoiru muakkad
 Mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
7.5. Menjelaskan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
Siswa dapat :
 Mengidentifikasi macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
 Menunjukkan waktu pelaksanaan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
 Menghafallkan do’a macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
 Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
7.6. Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
Siswa dapat :

 Mendemonstrasikan salat sunnah ghairu muakkad
 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
 salat sunnah ghairu muakkad
KKM SK 7
Jumlah SK 7 ( 6 KD )
RATA-RATA


RATA-RATA KESELURUHAN




Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala MTs Guru Mapel Fiqih.



………………………….. ……………………………
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar