B. Analisis Kondisi Pendidikan Saat ini.
Masalah rendahnya mutu lulusan merupakan masalah yang serius di dunia pendidikan kita, hal ini terjadi adalah belum efektifnya proses pembelajaran. Sementara mutu lulusan masih bermasalah pendidikan kita dihadapkan pada perilaku dan sikap peserta didik dalam kehidupan sosial, baik saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dari jumlah kasus yang ada, seperti perkelahian masal, prilaku kesopanan, dan tata kehidupan lainnya, belum mencerminkan nilai-nilai budaya dan norma-norma yang berlaku dan cenderung meningkat. Dengan kondisi tersebut MTs VIP Mamba’ush Sholihin Lakbok sebagai sekolah yang memiliki 4 program pokok, yakni akidah dan akhlak, akademis, keterampilan dan kesemaptaan serta semangat juang diharapkan dapat mewujudkan siswa yang akidahnya mantap, beraklak mulia sekaligus mempunyai keterampilan hidup yang berbekal pengetahuan dan skill yang unggul.
C. Analisis Kondisi Pendidikan Masa Datang(5 Tahun ke depan)
Dalam rensta diknas diuraikan bahwa lima tahun ke depan, pembangunan pendidikan nasional harus dilihat dalam perspektif pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Dalam perspektif demikian, pendidikan harus lebih berperan dalam membangun seluruh potensi manusia agar menjadi subyek yang berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan nasional. Potensi manusia Indonesia yang dikembangkan melalui: (1) Olah hati untuk memperteguh keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, budi pekerti, atau moral, membentuk kepribadian unggul, membangun kepemimpinan dan entrepreneurship; (2) Olah pikir untuk membangun kompetensi dan kemadirian ilmu pengetahuan dan teknologi; (3) Olah rasa untuk meningkatkan sensitifitas, daya apresiasi, daya kreasi, serta daya ekspresi seni dan budaya; dan (4) Olah raga untuk meningkatkan kesehatan,



Tidak ada komentar:
Posting Komentar